Senin, 05 Agustus 2013

Relasi antara Ada Wong dengan Leon




Jika ada sesuatu yang membuat saya menyukai resident evil pasti salah satunya karena hubungan antara Leon dengan Ada Wong. Bahkan secara pribadi, menurut saya kedua karakter ini merupakan yang terbaik di sepanjang seri resident evil yang ada. Saya selalu penasaran dan menunggu – nunggu apakah dalam seri resident evil yang baru akan keluar tokoh Leon atau tidak, karena sudah pasti apabila Leon muncul di satu seri, pasti Ada Wong akan selalu “mengikutinya”. Berikut ini saya akan membahas tentang hubungan keduanya dalam setiap seri resident evil. Bagi yang belum pernah memainkan resident evil 2, 4 atau menonton resident evil damnation saya sarankan untuk menontonnya terlebih dahulu.

Resident Evil 2 – Seri ini pertama kali kita melihat karakter Leon dan Ada. Nama Ada sendiri muncul di resident evil 1 saat gamer menemukan sebuah surat dari karyawan Umbrella yang bernama John. John menginstruksikan Ada untuk mengumpulkan bukti yang bisa membuka kebobrokan Umbrella kepada masyarakat. John dan Ada memiliki hubungan khusus sebelum insiden di Raccoon City, tapi seperti yang kita tahu bahwa John sebenarnya dimanfaatkan Ada untuk kepentingannya memperoleh informasi dari perusahaan tersebut. Masuk di resident evil 2 Leon dan Ada bertemu untuk pertama kalinya. Ada mengatakan kepada Leon bahwa ia sedang mencari pacarnya, John yang menghilang. Sedangkan Leon sendiri sedang mencari jalan keluar dari kota tersebut. Akhirnya mereka berdua bekerja sama. Di tengah perjalanan mereka bertemu dengan Ben, seorang reporter. Ben juga tidak mengetahui apa yang sedang terjadi di kota tersebut, akan tetapi ia tahu jalan keluar dari kota dengan melalui saluran pembuangan dan memberitahukannya kepada mereka.
Saat di dalam saluran pembuangan mereka bertemu dengan Annette Birkin, peneliti Umbrella. Ada mengejar peneliti itu, Annette berhasil menembak Leon – yang sebenarnya ditujukan kepada Ada. Dari sinilah benih – benih perasaan itu mulai muncul. Ada mempertanyakan Leon mengapa ia mau membahayan dirinya hanya untuk melindungi perempuan itu. Leon, yang saat itu masih muda dan naïf menjawab itu adalah bagian dari tugasnya sebagai polisi dan mereka berdua harus keluar dari kota itu bersama – sama. Keduanya menemukan sebuah elevator yang menuju ke laboratorium rahasia milik Umbrella, tapi sebelum sampai Ada diserang oleh William Birkin yang sudah bermutasi menjadi monster. Leon berhasil mengalahkan monster itu dan membawa Ada ke tempat yang aman.

Nah, disinilah salah satu adegan favorit saya dari seluruh cerita di resident evil 2. Ada memerintahkan Leon untuk meninggalkan dirinya dan menyelamatkan diri. Dia juga mengatakan meskipun ia belu terlalu mengenalnya (Leon), ia merasa nyaman berada di sampingnya. Mari kita percepat adegannya. Leon bertarung dengan Tyrant dan Ada bangkit untuk menolongnya. Ada terluka parah dan dianggap sudah tewas. Sebelum mereka berdua berpisah Ada mengakui perasaannya kepada Leon. Saat itulah pada akhirnya mereka berdua berciuman . 


Setelah melihat adegan ini saya mengambil kesimpulan bahwa Ada mengungkapkan yang sebenarnya saat ia mengatakan bahwa ia jatuh cinta kepada Leon, tidak seperti perasaan palsunya kepada John.
Beda saya, berbeda pula dengan Leon. Di akhir game ia mengetahui bahwa Ada adalah seorang mata – mata. Leon bertanya – Tanya mengapa ia sampai “berbohong” mengenai perasaannya? Keadaan menjadi lebih rumit untuk keduanya dan berlanjut pada sekuel berikutnya yaitu resident evil 4

Resident Evil 4 – Pada sekuel ini Leon mendapat misi untuk menyelamatkan anak presiden yang diculik oleh sebuah sekte yang bernama Los Illuminados. Jika kalian memainkan versi lengkapnya kalian akan menyadari peran utama Ada dalam menyelamatkan Leon. Ada bekerja di balik layar untuk menolongnya, tapi tentunya ia juga mempunyai agenda sendiri yaitu untuk mengambil sampel Las Plagas dari tangan sekte tersebut. Saat keduanya bertemu Leon akhirnya menyadari bahwa Ada bekerja untuk Wesker. Leon mempertanyakan alasannya dan tentu saja ia tidak menjawabnya dan meninggalkan Leon yang masih bingung. Saat game mulai berlanjut Wesker merasa bahwa Leon merupakan ancaman terhadap rencananya. Ia memerintahkan Ada untuk membunuhnya dan Ada menolaknya dengan mengatakan kepada Wesker bahwa ia tidak selalu bermain dengan peraturannya (Wesker)
Disini yang menarik, Jika memang Ada tidak memiliki perasaan atau tidak mencintainya mengapa ia tidak langsung membunuhnya?
Ada juga menunjukkan perhatiannya kepada Leon saat mereka bertemu di sebuah ruangan dan plaga yang berada di tubuh Leon mulai menguasai dirinya. Sesaat setelah Leon mencekiknya (secara tidak sadar) dan Ada berhasil menghentikannya dengan menusuk pahanya dengan sebuah pisau. Dia bahkan membantunya dalam pertarungan akhir melawan Saddler dan memberikannya kunci untuk keluar dari pulau tersebut sesaat sebelum pulai itu meledak. Pada adegan terakhir kita lihat Leon menolak ajakan Ashley untuk “berkencan” dan menjawab bahwa ia sedang menunggu perempuan yang menjadi bagian hidupnya.
Tentu saja, yang dimaksud dengan perempuan itu adalah Ada sendiri. Saya tidak tahu pendapat anda mengenai adegan ini, tetapi saya sendiri sangat yakin bahwa Leon masih mempunyai perasaan yang sangat kuat kepada perempuan itu.

Resident Evil Damnation – Pada film ini, mereka berdua bertemu kembali. Ada suatu adegan yang membuat saya berasumsi “mereka berdua telah berhubungan” jika kalian tahu maksud saya J. Mengapa bisa demikian?
Karena setelah bertemu, dan seperti biasa selalu diawal dengan pertarungan, Leon bertanya pertanyaan biasa kepadanya seperti “apa yang kau lakukan disini?” Ada menjawab sekenanya dan kemudian bertanya kepada Leon, “Kapan kita melanjutkan pekerjaan yang belum selesai malam itu?” Leon menjawab “Kapan saja, asal bukan sekarang”. Kemudian Ada pergi setelah ia berasumsi bahwa Leon marah kepadanya.
Apa yang membuat saya bingung adalah pertanyaan Ada disaat mereka bertemu. Saat Ada mengatakan “kapan kita melanjutkan pekerjaan yang belum selesai malam itu?”. Malam seperti apa yang dimaksud oleh Ada? Apakah mereka berdua telah menjalin hubungan khusus dan juga telah melakukan hubungan… ehm..
Hal ini juga tidak terbuka pada resident evil 6. Ada malah terlihat lebih “pasif” dibandingkan dengan ia yang berada di resident evil damnation. Hal ini membuat saya semakin bingung dengan hubungan rumit yang dimiliki oleh mereka berdua. Sebenarnya mereka berdua itu melakukan apa? Hubungan seperti apa yang mereka miliki? Dan kalau mereka telah menjalin hubungan, mengapa tidak ditampilkan dalam game?
Mungkin pertanyaan – pertanyaan di atas masih akan lama terjawab mengingat resident evil masih akan terus melanjutkan proyeknya dan akan muncul cerita – cerita baru.

21 komentar:

  1. Kebetulan sekali saya baru tamat RE 4 SAMA RE6, Di banyak adegan cut scene, kebanyakan Ada ninggalin leon sendiri, dan akan datang lg saat leon dalam bahaya.. Ada adalah wanita misterius.. dan hubungan mereka di RE 6 Masih terbilang ambigu, terakhir ktemu di atas gedung waktu mereka sudah membunuh Simon.. Ada kirim pesan lwat Alat Komunikasi canggih, tpi saya lupa isinya.. lalu ada berkata "So cute"
    sambil melihat leon dri jauh.. lalu pergi.
    lalu partner leon si helena ngasih alat makeup Ada wong yg di tinggal di helikopter pda leon.. helena bilang "mungkin itu bisa mngobati rasa rindumu"
    lalu tamat story LEON di re6
    BTW, tinggal nunggu next RE..
    Moga Capcom tetap melanjutkan kisah cinta mereka berdua yg ambigu..

    BalasHapus
  2. Semoga di Seri RE Terakhir ada cutscene Leon Dgn Ada Wong Menikah semua maupun itu zombie sma karakter RE yg lainnya ikut hadir hehehe :v Nice Post Min

    BalasHapus
  3. Saya sudah main RE6.
    Saya juga bingung dengan kisah misteri "ada wong dengan leon"
    Saat misi final ada wong. Diatas gedung "ada wong" menempatkan helikopter dan roket "RPG" yg berisi bekas lipstik dari ciuman ada wong, serta alat "make up" ada wong yg berisi, memory.
    Pertanyaanya: apakah ADA WONG MENYUKAI LEON???

    BalasHapus
  4. Saya sudah main RE6.
    Saya juga bingung dengan kisah misteri "ada wong dengan leon"
    Saat misi final ada wong. Diatas gedung "ada wong" menempatkan helikopter dan roket "RPG" yg berisi bekas lipstik dari ciuman ada wong, serta alat "make up" ada wong yg berisi, memory.
    Pertanyaanya: apakah ADA WONG MENYUKAI LEON???

    BalasHapus
  5. Mudah mudahan seri game Resident Evil yg terakhir partnernya Leon adalah Ada wong....

    BalasHapus
  6. Mudah mudahan seri game Resident Evil yg terakhir partnernya Leon adalah Ada wong....

    BalasHapus
  7. Saya malah berharap di film Biohazard Vendetta ada si leon dan ada wong, haduhhh pengen banget dah capcom bikin cerita khusus sendiri tentang leon sama ada dan di adaptasikan ke game :D

    BalasHapus
  8. iya nih, memang selalu menggantung Kisah cintanya :v

    BalasHapus
  9. Main semua ya :v keren. Cuma RE7 gk dilanjutin kisahnya

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Wah ternyata ada blog lokal yg membahas salah satu OTP gue.
    Berharap Ada jg muncul di Vendetta walau ragu. Krn highlight-nya cuma Leon - Chris - Rebecca.

    BalasHapus
  12. Di re 7 ada si chris.. mungkin re selanjutnya ada mereka

    BalasHapus
  13. Well. Gua lagi nyari2 videp moment Leon Ada.. dan ketemu nih video https://youtu.be/W6nTXQTRl8Q hahahaha dia ngejelasin opini dia ttg pertemuan Ada sama Leon yg leon secara ga sadar cekik Ada. Ternyata Ada Wong kira Leon mau ciuman sama dia*lihat penjelasan videonya* ternyata kena troll gara2 plaga hahahha bukannya dicium malah dicekik. Poor Ada. Padahal otp gua

    BalasHapus
  14. Mengenai pas Ada nanya kejadian malam itu, Barangx Leon ngajak si Ada untuk ketemuan(pribadi maupun untuk pekerjaan)tapi mendadak ada urusan dan gak bisa dateng, jadi pas ditanya si Leon agak kesal maybe...

    BalasHapus